Strategi & Sasaran

strategi

Sasaran dan Strategi dalam Pencapaian Tujuan Program Studi Diploma III Keperawatan :

Sasaran perencanaan strategis Program Studi Diploma III Keperawatan Fakultas Keperawatan USU yang ingin dicapai dalam 5 tahun dibagi dalam 5 kelompok utama yaitu :

1. Sasaran Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepadaMasyarakat
2. Sasaran Bidang Organisasi dan Manajemen
3. Sasaran Bidang Kemahasiswaan dan Alumni
4. Sasaran Bidang Sarana dan Prasarana
5. Sasaran Bidang Kerjasama

Sasaran dan Strategi Pencapaian Visi, Misi, dan Tujuan meliputi :

Sasaran PS Strategi Pencapaian 2013 2014 2015 2016 2017
Sasaran Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Meningkatkan mutu pendidikan pada PS melalui peningkatan nilai akreditasi sesuai dengan standar Nasional.          
Tersusun dan terselenggaranya Kurikulum yang memenuhi relevansi pendidikan keperawatan serta adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini. Serta target peninjauan Kurikulum setiap 5 tahun sekali.          
Meningkatnya kuantitas dan kualitas dosen PS dalam mewujudkan peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan. Target rasio dosen : mahasiswa adalah 1 : 20 dan proporsi dosen berpendidikan minimal S2 adalah 100%.          
Meningkatnya mutu proses belajar mengajar PS meliputi perancangan, pembelajaran, dan evaluasi hasil belajarnya. Targetnya rata-rata masa studi mahasiswa 3 tahun 90%, dan lulus Uji Kompetensi 75%.          
Mempertahankan alokasi dana penelitian dan pengabdian masyarakat dosen yang didanai PS/Fakultas. Targetnya 2 x setiap masing-masing kegiatan/tahun.          
Meningkatkan kapasitas dosen dalam merencanakan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat. Targetnya semua dosen di PS melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat setiap tahun.          
Meningkatnya jumlah dan mutu penelitian yang ditandai dengan meningkatnya pemanfaatan hasil-hasil penelitian untuk diaplikasikan pada pendidikan dan pelayanan kepada masyarakat. Targetnya tiap tahun minimal ada 2 penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang didanai oleh Perguruan Tinggi.          
Meningkatnya karya ilmiah dan publikasi ilmiah pada tingkat nasional dan internasional. Targetnya minimal tiap tahun ada 1 karya ilmiah dipublikasi tingkat internasional dan 10 dipublikasi tingkat nasional.          
Memfasilitasi dosen memperoleh dana penelitian dari berbagai sumber pendanaan. Targetnya tiap tahun minimal ada 1 penelitian yang didanai oleh sumber dana Dikti.          
Sasaran Bidang Organisasi dan Manajemen Tersusunnya struktur organisasi yang lebih efektif, efisien, dan produktif serta terselenggaranya fungsi-fungsi manajemen/tata kelola yang transparan, kredibel, akuntabel, adil dan bertanggung-jawab.          
Berkembangnya kemampuan pengelolaan anggaran yang efisien dan efektif. Targetnya hasil Audit Satuan Pengawas Keuangan Internal Universitas Sumatera Utara, Inspektorat Jenderal Dikti dan BPK wajar tanpa pengecualian.          
Sasaran Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Meningkatnya peran serta alumni dalam pengembangan diri dan almamater. Tergetnya ada pertemuan alumni minimal 1 kali per 2 tahun dan terselenggaranya kegiatan Tracer Study minimal 1 kali pertahun.          
Memfasilitasi mahasiswa mengikuti kompetisi di bidang nalar, bakat dan minat pada berbagai level (universitas, wilayah dan nasional). Targetnya setiap tahun minimal ada juara tingkat nasional.          
Meningkatnya pelayanan untuk mahasiswa meliputi beasiswa. Targetnya setiap tahun jumlah mahasiswa yang mendapatkan beasiswa BBM bertambah mencapai 25% dari jumlah mahasiswa seluruhnya di PS.          
Meningkatnya mutu kegiatan akademik dan kemampuan penalaran mahasiswa meliputi berpikir kritis, bertanggung-jawab untuk mendukung pencapaian kompetensi lulusan. Targetnya setiap tahun minimal 1 kali kegiatan seperti Latihan Kepemimpinan Manajemen Tingkat Dasardan Enterpreneurship          
Optimalisasi fungsi bimbingan dan konseling untuk mendukung penyelesaian masalah akademik dan non akademik mahasiswa. Targetnya menurunnya jumlah mahasiswa bermasalah dan peningkatan retensi mahasiswa di PS.          
Sasaran Bidang Sarana dan Prasarana Tersedianya kebutuhan sarana dan prasarana untuk Proses belajar mengajar secara baik. Targetnya tersedia ruangan laboratorium mendekati setting di RS          
Tersedianya fasilitas pendukung untuk proses belajar mengajar secara baik dan berkualitas. Targetnya setiap ruangan kuliah mempunyai fasilitas untuk pembelajaran.          
Sasaran Bidang Kerjasama Institusional Terciptanya kerjasama yang mampu dengan efektif mengoptimalkan networking dan resource sharing untuk pengembangan jejaring lahan belajar dan lahan kerja bagi PS yang difasilitasi Fakultas dan Universitas.          
Meningkatnya jumlah kerjasama dalam dan luar negeri dalam rangka peningkatan mutu dan daya saing di bidang pengembangan institusi, dan pendidikan.